Usaha Dagang Ikan Asin Desa Jorong Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut 2008

Melampirkan UKL / UPL, untuk usaha budidaya ikan dengan kapasitas atau luasan tertentu. Setelah ikan di bersihkan, ikan juga harus melalui proses pengepakan dengan menggunakan kotak stereofom untuk menjaga kesegarannya, lalu di kirim melalui bantuan kurirnya. Tidak ada yang perlu kusesali dalam hidup, terutama bagaimana orangtuaku membentukku dari aku kecil. Sifat dan apa yang kuraih sekarang pun tentu merupakan hasil bentukan dari berbagai pengalaman yang kualami waktu aku kecil dan aku bersyukur untuk itu. Ya aku memilih untuk tidak menikah untuk fokus menyekolahkan adik dan merawat ibu yang sakit bertahun.

Namun, karena persaingan bisnis yang makin ketat, sejak 7 tahun silam ia memutuskan untuk berdagang keliling. Dengan kegigihan pedagang dan berbagai layanan berbasis digital dari BRI, di masa depan bukan tidak mungkin Pasar Ikan Hias Parung akan lebih populer dan akan meningkatkan perputaran di pasar tersebut. Diharapkan, hal itu berdampak positif bagi para pelaku UMKM sehingga meningkat taraf hidupnya.

Nahn menemukan mitra yang tepat untuk mengolah sisa ikan tersebut agar tetap bernilai tinggi adalah langkah yang penting. Jangan sampai terjadi kerugian akibat ikan yang tidak laku dijual.

Berdagnang ikan

Jualan minuman ini dapat menjadi usaha di desa yang sukses jika di kelola dengan konsisten dan rajin berinovasi, karena tidak bisa dipungkiri jika masyarakat sangat gandrung dengan sesuatu yang baru. Selain itu, Pertashop merupakan bisnis di daerah pedesaan yang cukup potensial karena jumlah SPBU Pertamina sangat terbatas yang berada di dekat desa sehingga kehadiran Pertashop sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hidroponik adalah cara menanam dengan mengandalkan media tanam air dan ditambahkan dengan berbagai jenis nutrisi. Jenis usaha ini memang sedang digandrungi di perkotaan namun bukan berarti tidak cocok untuk dijadikan sebagai usaha di pedesaan. Alasan konsumen, mereka seharian sibuk work at home alias bekerja di rumah, yang terkadang waktunya lebih lama dari Jumat atau Sabtu,” kata Sutris, pedagang hewan kelinci di pasar Jatinegara.

Program ini cukup membantu masyarakat nelayan dalam menjalankan bisnisnya. Pengusaha juga bisa menggunakannya apalagi jika skalanya masih rumahan atau tidak terlalu besar. Yang terpenting usaha dijalankan dengan serius, terencana dan jujur.