Punya Rekan Kerja Fresh Graduate? Ini Four Cara Bimbingan Yang Tepat Di Tempat Kerja

Namun, rupanya tugas HRD ini tak hanya sebatas rekrutmen karyawan saja. Secara umum, HRD juga bertugas untuk mengelola sumber daya manusia yang ada di dalam suatu perusahaan. Semakin hebat dan semakin dahsyatnyakualitas sumber daya manusia yang dimiliki organisasi, semakin meningkatkan produktifitas tidak terlepas dari berbagai faktor lainnya. Sering kali kita terjebak dalam sebuah aktifitas yang membuat kita dikatakan sibuk, akan tetapi kesibukan tersebut tidak juga membuat produktifitas membaik. Kesibukan dan produktifitas adalah dua hal yang mirip namun sebenarnya jauh dan benar-benar berbeda.

Jika kamu sudah belajar dan berusaha namun hasilnya nggak sesuai kenyataan, jangan sampai hal ini membuatmu jadi minder. Pertama-tama, minta maaf pada atasan atas kesalahan yang kamu lakukan dalam mengerjakan tugasmu. Anda harus proaktif dan memiliki inisiatif untuk menjalankan coaching dengan baik sehingga ada manfaat yang bisa Anda peroleh setelah proses pelatihan selesai. Bagi karyawan sendiri karir bermakna sebagai sebuah proses yang harus dilalui untuk meningkatkan taraf sosial dan taraf kesejahtaraan mereka.

Di luar pengalaman yang akan diperoleh oleh mentor yang lebih muda dari senior mereka, reverse mentoring merevolusi model mentoring tradisional. Program ini memungkinkan komunikasi dua arah dan pendekatan percakapan yang lebih. Melalui program ini, karyawan yang lebih muda dapat berbagi wawasan mereka, dan didengarkan.

Menjadi seorang mentor untuk para pekerja baru

David Chen adalah salah satu pendiri dari perusahaan Game dan e-commerce, yaitu Sea. Grab kini sudah memiliki layanan di delapan negara dan telah berkembang menyediakan layanan untuk taksi, sepeda motor, jasa kurir, hingga melakukan penelitian dan pengembangan perangkat lunak. Bansal, yang mempertahankan saham kecil di Flipkart, kini menjadi mentor berbagai perusahaan startup dari Singapura melalui perusahaan xto10x Technologies.

Bahkan, Anda disarankan untuk membuat kebijakan baru yang memungkinkan karyawan millenial bekerja secara lebih fleksibel. Salah satunya dengan mengijikan mereka bekerja secara remote dari rumah. Sebab, kebanyakan millenial kurang suka terikat kerja di kantor dengan jam kerja 8-to-5 setiap harinya.

Jika perusahaan Anda bersifat casual, mungkin tidak apa-apa untuk mencocokkan orang dan kemudian membiarkan mereka mencari tahu logistiknya. “Jika terlalu casual, Anda tidak memiliki kendali atas situs online judi terbaik itu, dan itu bisa mati dengan sangat mudah,” kata Adolf. Tidak peduli apa tingkat formalitas program Anda, Anda membutuhkan seseorang untuk memperjuangkan proyek dan memeriksa seberapa baik pedomannya diikuti.

Selain itu, memiliki kemampuan kerja sama dan komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia. Berkomitmen mendedikasi waktu secara penuh untuk mengikuti program Gerilya selama 6 bulan. Bersedia mengikuti Team-base Project berdasarkan penempatan, dan terakhir tidak terikat program sejenis di institusi atau lembaga lain. Hidup anda kebanyakan akan berkutat antar kerjaan dan agak terkurung di rumah. Anda tidak punya rekan kerja yang bisa diajak bercengkrama dan bersosialisasi. Namun tidak semua bisa diantisipasi asal anda berusaha untuk menemukan jalan untuk bersosialisasi.