Prodi Akuntansi Edukasi Masyarakat Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini

Hal ini dapat menimbulkan minat tersendiri bagi si kecil untuk menabung dan membuka rekening sendiri. Menabung memberi banyak manfaat untuk diri sendiri secara finansial, sehingga dapat menunjang segala kebutuhan untuk buah hati. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar buah hati menjadi gemar menabung. Berikut beberapa cara untuk mengajarkan anak gemar menabung, antara lain. Bukanlah hal yang mudah untuk mengajarkan anak menabung, dikarenakan pemikiran mereka yang masih sangat dini dan hanya memubuatnya berfikir untuk bermain.

TEMPO.CO, Jakarta – Menyimpan uang atau menabung adalah kebiasaan yang membutuhkan waktu untuk dibangun. Pendidikan finansial sejak dini penting untuk dikatahui oleh anak, agar mereka dapat mengelolal keuangan dengan bijaksana ketika dewasa nanti. Bayangkan jika si Kecil sudah menabung Rp10.000 saja per bulan sejak umur 6 tahun. Maka ketika mereka mulai masuk kerja, mereka punya tabungan untuk memulai hidup mandiri karena sudah mempunyai dana cadangan sebesar Rp3 juta-an.

Dengan begitu, si kecil akan dilatih untuk bersabar saat berusaha mencapai keinginannya atau tujuannya. Memiliki Kebiasaan menabung sudah jelas sangat berguna untuk masa depan kita. Menabung atau disimpan maka akan semakin baik menyimpan sejumlah uang agar dapat digunakan di kemudian hari jika diperlukan. Agar lebih aman, kamu dan anak juga bisa menabung di beberapa bank ternama dan terpercaya. Dan untuk kedepannya pun ketika ingin menabung kembali, kamu dan anak tidak lagi merasa kesulitan untuk memulainya karena sudah terbiasa.

Bank Lampung KCP Hanura melakukan sosialisasi di SMPN 2 Pesawaran Jumat (11/10). Salah satu strategi KCP Hanura dalam mensosialisasikan produk SimPel ini adalah memberikan kemudahan akses maupun proses menabung sehingga anak-anak pelajar tertarik untuk memiliki rekening SimPel. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, peningkatan tabungan melalui program inklusi keuangan merupakan kebijakan yang perlu terus didorong. Sungailiat – Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini sangat riskan menjadikan seseorang berpola hidup konsumtif.

Selain itu tabungan atas nama pelajar yang bersangkutan serta mendapatkan berbagai benefit dan diikutkan dalam berbagai undian yang digelar BNI. Sebagai orang tua mencoba untuk memberi pengertian kepada anak mengenai hal-hal yang bisa mereka dapatkan dengan kerja keras dalam menabung. Dengan tabungan tersebut, anak bisa mendapatkan berbagai barang yang diinginkan. Akan tetapi banyak juga orang tua yang beranggapan bahwa memperkenalkan atau mengajarkan uang kepada anak, dikhawatirkan akan menjadi boomerang untuk sang anak. “Ini merupakan komitmen Bank DKI mendorong budaya menabung sejak dini, serta sebagai bentuk literasi dan inklusi keuangan,” kata Herry. Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali mengajak anak anak untuk gemar menabung dari sejak usia dini.

Selain hal tersebut, kita dapat menjadikan keseharian dan aktivitas kita sebagai sarana belajar anak. Dengan demikian, anak akan pelan-pelan belajar serta menyerap informasi lebih banyak. Oleh karena itu sangat penting bagi kita sebagai orang tua untuk mengajarkan dengan tepat agar anak memiliki bekal yang baik saat bertumbuh, mendapatkan pengetahuan serta bijak dalam mengatur uang.

Mama bisa membantu anak untuk menyisihkan sebagian uang di awal bulan saat diberikan uang jajan bulanan, untuk menjadi pilihan terbaik daripada menyisihkan uang di akhir bulan ketika hanya tinggal sisa uang yang diberikan. Secara tidak langsung, menabung meningkatkan kemampuanmu mengatur keuangan dengan bijak. Tidak hanya itu, menabung juga mengajarkan kita untuk tidak membeli sesuatu hal yang kurang berguna dan menyimpan uang agar bisa digunakan untuk kebutuhan hari tua nanti. Salah satu cara yang juga tepat dan mungkin lebih efektif adalah investasi di reksa dana syariah. Berbeda dengan tabungan haji yang bersifat likuid, berinvestasi di reksa dana syariah memiliki risiko yang lebih tinggi namun juga memiliki potensi return yang lebih tinggi juga. Saat menabung untuk dana haji, Sobat Sikapi perlu memperhatikan jenis reksa dana syariah yang sesuai dengan profil risiko kalian serta jangka waktu yang ditetapkan.

Menabung sejak dini

Dikatakan Frasiska, menabung secara aktif akan membangun kebiasaan yang baik dalam mempersiapkan hari esok yang lebih baik dengan memulai kebiasaan positif ini harus sejak belia. Dengan memiliki pengetahuan tentang perbedaan antara kebutuhan, keinginan, dan harapan tersebut, anak akan lebih bijak dan paham bagaimana dan untuk apa uang mereka seharusnya dipergunakan. Dheni mengungkapkan, selain kegiatan edukasi mengenai produk financial institution dan pentingnya menabung, juga terdapat kegiatan lomba mewarnai, nonton bareng serial Kiko dan tentunya meet and greet dengan Kiko. “Uang jajan harian misalnya ada yang terima sehari Rp 20 ribu, ada satu anak yang belum juga dihabiskan tetapi sudah menyisihkan Rp 5 ribu di awal untuk masuk celengan, itu sangat baik,” jelas Dawny.

Jika orang tua sendiri tidak memiliki keinginan untuk mengajarkannya maka anak yang akan menjadi korban, kelak jika dewasa akan tumbuh menjadi pribadi yang boros dan tidak punya perencanaan keuangan Slot Emoney yang baik. Salah satu cara mengelola uang sejak dini adalah melalui kegiatan menabung. Hal ini mendapat dukungan positif dari Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad.