Perkembangan Pembangunan Infrastruktur Di Indonesia

Kapasitas produksinya mencapai delapan juta unit produk per tahun, yang sebagian besar terdiri dari notebook dan tablet. Dari sektor keuangan, jika wabah virus Corona menjadi berkepanjangan, perlu dipikirkan kemungkinan relaksasi restrukturisasi kredit seperti yang dilakukan dulu. Mungkin pemerintah bisa membantu untuk mendorong sektor pariwisata dengan, misalnya, memberikan subsidi berupa potongan harga bagi jasa angkutan pesawat, bus, atau kereta api, atau penginapan agar sektor pariwisata tetap berjalan untuk beberapa bulan. Perhitungan sensitivitas yang dilakukan menunjukkan bahwa jika perekonomian China melambat sebesar 1 persem, maka perekonomian Indonesia akan menurun sebesar zero,1-0,3 persen.

Selain itu, arus investasi juga bisa diperhatikan lewat pembaruan-pembaruan yang diberikan oleh lembaga-lembaga terkait seperti Lembaga Manajemen Aset Negara. Idul Fitri yang biasanya mempunyai pengaruh cukup besar untuk menggerakkan perekonomian, akan menjadi sebaliknya dikarenakan adanya PSBB. Sisi baiknya, bila bulan Juni aktivitas sudah berjalan maka perusahaan dan pengusaha masih mempunyai waktu untuk langsung operasional. Pemerintah juga akan menanggung seluruhnya PPH21 untuk pekerja sektor industri pengolahan dengan penghasilan, maksimal Rp200 juta setahun, kemudian pembebasan PPH Impor untuk 19 sektor tertentu, dan pengurangan PPH25 sebesar 30 persen untuk sektor tertentu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Indonesia cukup terhantam keras dengan penyebaran virus Corona. Tidak hanya kesehatan manusia, virus ini juga mengganggu kesehatan ekonomi di seluruh dunia. Komite Stabilitas Sektor Keuangan , kata Ani, memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam skenario terburuk bisa minus zero,4 persen. Harus diciptakan system politik yang transparan, akuntabel, serta bersih dari praktek korupsi dan intimidasi. Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi, Indonesia harus berusaha melepaskan diri dari ketergantungan pada investasi/modal/bantuan luar negeri serta import pangan dan bahan pokok lainnya. Kebijakan ekonomi liberal yang sekedar mengedepankan kekuatan kekuatan pasar telah menjebak Indonesia sehingga begitu tergantung pada modal asing, sementara sumber daya alam kita dikuras oleh perusahaan multinasional bersama para komprador Indonesianya.

Mengamati perekonomian negara

Keempat, pemerintah perlu membuat terobosan biaya rendah untuk semua layanan publik bagi seluruh masyarakat. Meningkatkan jaring pengaman sosial , serta menyiapkan berbagai stimulus yang sifatnya tidak tunai tetapi bisa dinikmati oleh semua masyarakat miskin. Hal ini sangat penting, jangan sampai terdapat masyarakat yang sudah terindikasi memilih tetap bertahan di rumah karena takut akan bayangan mahalnya biaya pengobatan rumah sakit. Layanan masyarakat terhadap publikasi kebijakan ini harus selalu didengungkan melalui berbagai media massa. Terakhir, jurus jitu dalam menghadapi kondisi ekonomi yang tak pasti adalah Agility . Alih-alih pasif dan menyerah, pebisnis seharusnya lincah, tangkas dan gesit untuk mengatasi keadaan Ambiguous .

Ciri menonjol dari kebijaksanaan ekonomi kolonial itu adalah pertama, mengekspor bahan-bahan mentah untuk mensuplai industri Eropa dan negara-negara penjajah. Tapi perdagangan internasional itu harus menghasilkan surplus devisa yang akan ditransfer kembali ke negara penjajah di Eropa. Perkembangan politik kolonial ini juga menggambarkan terjadinya ayunan bandul jam dari ekonomi swasta menjadi ekonomi negara dan kembali lagi ke ekonomi swasta, tapi diikuti dengan intervensi negara untuk mengatasi kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan. Kesadaran etis itu kemudian diikuti dengan kesadaran politik yang menimbulkan dua gagasan besar.

Bagi salah satu negara dengan PDB terbesar di dunia, pertumbuhan PDB China sangat berarti bagi negara-negara yang memiliki hubungan dagang dengannya. Dengan kondisi pengangguran yang demikian masif, kerentanan terhadap kemiskinan akan semakin tinggi. Peluang berganti profesi secara cepat tidak mungkin dilakukan karena hal itu sangat berkaitan dengan modal dan peluang. Akhirnya, masyarakat pengangguran itu akan pasrah, tidak bekerja, dan tidak mendapatkan penghasilan untuk pemenuhan kebutuhan. Dia juga membuat program Benteng, yaitu pemberian lisensi khusus untuk orang Indonesia yang mau impor barang.

“Akibat wabah virus corona menyebabkan pelemahan perekonomian Tiongkok mengalami kontraksi. Kondisi tersebut kemudian di susul dengan kebijakan pemerintah Indonesia tentang upaya pembatasan ekspor-impor ke Tiongkok membuat angka tersebut akan sulit untuk dicapai,” ujar Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho. Mewabahnya virus corona juga berdampak pada dunia pendidikan, dari mulai pendidikan dasar sampai ke jenjang pendidikan tinggi. Jika sekolah atau perguruan tinggi baik negeri maupun swasta tidak menerapkan e-learning, otomatis pembelajaran kepada siswa atau mahasiswa akan terhambat. Disinilah pentingnya pembelajaran daring yang memanfaatkan kecanggihan teknologi yang dimiliki lembaga pendidikan tersebut.