Pandai Membaca Peluang, Usaha Terus Berkembang

Pandemi COVID-19 yang menyerang dunia, termasuk Indonesia, mengubah kebiasaan dan gaya hidup masyarakat. Sesuai dengan anjuran pemerintah, masyarakat melakukan social distancing di mana masyarakat dihimbau untuk tidak pergi ke tempat yang ramai dan selalu menjaga jarak aman. Akhirnya, pusat perbelanjaan ditutup, masyarakat sudah beraktivitas dari rumah, permintaan menurun, dan kebanyakan bisnis tidak dapat beroperasi seperti biasanya. Dalam situasi ini, pelaku usaha perlu memutar otak agar mampu menjaga bisnis tetap stabil saat permintaan sedang menurun.

Jadi, jika Anda punya keterampilan menjahit maka peluang usaha ini sangat layak untuk dipertimbangkan. Peluang bisnis yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang punya minat di bidang trend. Dan tentunya Anda harus memiliki kemampuan dalam menjahit atau mendesain pakaian. Ini tidak seperti bisnis MLM konvensional yang menyita waktu dan tenaga. Kegiatan pertemuan, comply with up calon member, dan pembelian barang, semua proses itu bisa dilakukan secara online. Anda bisa juga menjual keahlian atau keterampilan yang Anda miliki dalam bentuk jasa.

Setelah adanya landasan hukum mengenai Pajak Digital, maka PPN yang dahulu berdasarkan Physical Presence/kehadiran fisik kini diperluas menjadi Significant Digital Presence/kehadiran secara ekonomi. Significant economic presence ditentukan berdasarkan jumlah omzet konsolidasi grup usaha, jumlah penjualan di Indonesia, hingga jumlah pengguna aktif di media digital. Teknik analisis knowledge yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT . Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari kebijakan Pajak Digital/PMSE di Indonesia.

Melihat peluang untuk berbisnis

Ada beberapa peluang bisnis digital di Indonesia yang masih potensial untuk digeluti. Perkembangan bisnis dunia digital yang semakin pesat, telah dipelopori dengan jaringan web yang semakin cepat berkembang dan pola belanja masyarakat yang berubah dari offline ke on-line. Seiring dengan berjalannya waktu, peluang untuk membuka usaha toko kelontong juga dijalankan. Kemudian, berkembang lagi menjadi usaha penjualan pulsa dan fotokopi yang berdampingan dengan warung makan dan toko kelontongan miliknya. Titin merupakan orang yang sangat ulet dan mampu membaca peluang usaha. Peluang membuka usaha restoran juga disokong pertumbuhan media sosial yang cukup pesat, yang disadari memunculkan tren baru untuk makan dan berwisata kuliner.

Ingat, sudah banyak orang yang sukses mengubah keahliannya menjadi sebuah peluang bisnis. Misalnya saja untuk orang yang memiliki keahlian memasak, maka bisa membuka usaha katering. Jangan lupa cuma bikin akun media sosial untuk memasarkan produkmu. Tidak salah kok, memasarkan produk dengan gencar meski warung kopimu berukuran kecil. Siapa tahu kalau ramai, peluang usaha kamu bisa terus terbuka dan bahkan berkembang. [newline]Nah, untuk peluang bisnis satu ini juga bisa kamu jalankan buat menghasilkan uang dari makanan yang termurah tentu saja menjual jajanan pasar. Sampai kapan pun, segaul-gaulnya anak gaul Ibu Kota pasti doyan jajanan pasar yang murah meriah.