Kesan Dan Pesan Politik Di Balik Vaksinasi

Untuk mencapai herd immunity, paling tidak pemerintah harus melakukan vaksinasi 70% dari whole populasi, dan itu harus dilakukan sebanyak dua kali. Berdasarkan Perpres No. ninety nine Tahun 2020 Peraturan Presiden tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi, pemerintah telah menunjuk langsung BioFarma. Tentu kapasitas produksi BioFarma juga terbatas dan harus menggandeng perusahaan lain untuk memperbesar kapasitas produksinya. Terkait dengan ketersediaan vaksin, pada 6 Desember 2020 Pemerintah mengumumkan bahwa sebanyak 1,2 juta dosis Vaksin Sinovac sudah sampai di Jakarta, dan sebanyak 1,8 juta dosis lainnya akan dikirimkan menyusul pada Januari 2021. Hal lain yang ditekankan oleh Netty terkait dengan pengadaan vaksin, ia menekankan pentingnya pemerintah melakukan komunikasi publik yang baik. Hal ini karena, banyak masyarakat yang terdistorsi dari informasi yang berdampak terhadap respon skeptic dari upaya yang sedang dilakukan oleh Pemerintah hari ini.

Politik Vaksin

Menurutnya kemungkinan besar pengumuman itu disampaikan Kamis (3/5) ini. Basis data vaksinasi Covid-19 Bloomberg telah melacak lebih dari 726 juta dosis yang diberikan di 154 negara. AS, misalnya, telah mengamankan 24 persen dosis vaksin dunia dengan persentase populasi 4,3 persen. Sementara Pakistan baru mengamankan 0,1 persen dari cakupan vaksin untuk 2,7 persen populasi world. Ahmad Reza selaku Senior Vice President Corporate Comunication & Investor Relations PT Telkom Indonesia Tbk mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu langkah penting agar Indonesia bisa segera keluar dari pandemi.

Jangan sampai kemudian ini menjadi hambatan besar dalam penanganan covid-19. Ketentuan perlindungan HKI telah memonopoli pengetahuan yang dikontrol penuh oleh industri farmasi di negara maju. Oleh karena itu, penanganan Covid-19 memiliki tantangan yang begitu besar, apalagi ketika perusahaan farmasi masih tetap menggunakan pendekatan enterprise as usual dalam prakteknya. Kita sedang menghadapi Pandemi, maka sangat penting untuk memastikan bahwa semua orang di dunia dapat mengaksesnya dan tidak boleh ada yang tertinggal.

Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas menyebut China dan Rusia memiliki tujuan politik di balik distribusi vaksin Covid-19 produksinya. DEPUTI II Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan mengungkap banyak pemerintah daerah enggan menyebarkan vaksin covid-19 lantaran persoalan politik. Karena itu, pemerintah akhirnya juga turut memberdayakan TNI dan Polri untuk melaksanakan vaksinasi. Bisnis.com, JAKARTA – Kurangnya kemauan politik dan solidaritas global yang lemah adalah ganjalan terbesar dalam memastikan distribusi vaksin Covid-19 yang adil ke negara-negara berpenghasilan rendah.

Sebuah perusahan Jerman yang bernama CureVac, kabarnya hendak dibeli oleh pemerintah Amerika Serikat seharga 1 miliar dollar. Karena ia kabarnya mampu memproduksi vaksin untuk mengatasi virus Corona. Selain mahasiswa UI, SVMI terbuka bagi mahasiswa se-Jabodetabek dan masyarakat umum yang berusia 12 tahun ke atas, memiliki Nomor Induk Kependudukan dan/atau ber-KTP Indonesia. Para peserta yang akan mengikuti program ini dapat mendaftar melaluireservasi.ehealth.co.id/kliniksatelitui.ciptaan. Salah seorang penerima vaksin mahasiswa UI, Dandi Akmal, mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi SVMI bagus, rapi, tertata, tidak ada antrean, dan juga adem. Menurutnya prosesnya cepat, hanya membawa KTP, dan sebelum datang harus registrasionline.