Jejak Dagang Rasulullah Noticed

Akibat menolak ajakan bertaubat, kaum Madyan akhirnya mendapatkan azab dari Allah SWT. Dr. Afdawaidza menambahkan, di wilayah DIY terdapat tidak kurang dari 402 pasar tradisional, 50% nya berada di wilayah pedesaan. Keberadaan pasar tradisional dengan jumlah pedagang pasar yang begitu banyak itu sangat penting artinya bagi kemajuan perekonomian bangsa. Dibutuhkan uluran tangan dari negara agar keberadaan mereka semakin mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat utamanya di pedesaan. Oleh karena itu LPPM UIN Sunan Kalijaga sebagai kepanjangan tangan Negara berupaya melakukan sinergi dengan dinas instansi terkait untuk memajukan pasar melalui pendampingan berkelanjutan.

Tarif Bea Masuk MFN adalah tarif bea masuk yang dikenakan atas barang impor yang masuk ke suatu negara dari negara lainnya, kecuali negara yang memiliki perjanjian khusus mengenai tarif bea masuk dengan negara tersebut. Dalam kegiatan ekspor- impor, Tariff disebut juga dengan istilah Customs, duties, atau expenses. Tariff merupakan Pajak yang dikenakan atas suatu komoditi yang diperdagangkan lintas-batas territorial. Tarif umumnya dikenakan pada barang impor, meskipun ada juga yang dikenakan pada barang yang diekspor. Tarif biasanya dihubungkan dengan proteksionisme, kebijakan ekonomi yang membatasi perdagangan antarnegara. Menurut jumhur ulama, zakat perdagangan itu disyariatkan dalam Islam Caranya, yaitu dengan menghitung nilai jumlah ketiga bentuk harta tersebut diatas dikurangi pengeluaran atau kewajiban seperti biaya operasional, utang, pajak, dan lain-lain.

Berdagang dengan hati

“Janganlah kamu menjual menyaingi penjualan saudaramu.” Kata Nabi Muhammad noticed. Sebagai pedagang, Nabi Muhammad menjunjung tinggi keadilan. Artinya beliau tidak pernah menipu takaran, ukuran dan timbangan. Bahkan etika keadilan Beliau terapkan untuk seluruh kaum, baik muslim maupun kaum lainnya. Begitupun soal promosi, beliau justru selalu membantu mempromosikan barang dagangan pedagang lainnya, jika ia tidak menjual barang tersebut.

Kini, di tengah pandemi banyak orang cemas kehilangan pekerjaan. Boro-boro nambah, yang ada buat nambal pendapatan yang dikurangi. Tapi karena saya anaknya kuper alias kurang pergaulan, saya tawarin katalog make up dan tester itu ke tetangga yang buka warung kelontong dan ke tukang mie ayam. Ujung-ujungnya, beberapa produk seperti lipstik dan bedak, dipakai ibu. Soalnya, dipikiran saya, orang dagang itu harus ulet, harus cerewet, harus supel dan harus tahan banting, tahan malu kalau dagangannya nggak dilirik orang. Kemasan ini sangat cocok untuk makanan seperti keripik, granola ataupun kopi.

Ahok lalu menyarankan agar para santri untuk dilatih bisnis. Seperti Nabi Muhammad, kata Ahok, yang tidak hanya berdakwah tapi juga berdagang. Etika bisnis Nabi Muhammad SAW meliputi perilaku bisnis yang diperbolehkan Allah SWT, perilaku yang dilarang Allah Rasul-Nya dan produk yang dilarang. Nabi Muhammad medapat kepercayaan konglomerat Makkah, Khadijah, untuk menjalin kerja sama bisnis sebagai manajer bisnis. Gaji yang diterima Nabi Muhammad kala itu 4 ekor unta setiap bulan. Begitulah prinsip-prinsip dalam berdagang ala Nabi Muhammad SAW yang masih dapat diterapkan hingga saat ini.

Di samping karena mereka tidak akan berbohong, perusahaan akan mendapat keuntungan dari imageyang terbangun oleh buyer akan ke-amanah-an dari marketer perusahaan tersebut. Sehingga banyak buyer yang terpikat oleh sebuah produk atau usaha karena peran sosok marketer yang amanah. Namun, secara umum dapat digarisbawahi sebagai hak asasi manusia sebagai hak dasar yang diberikan manusia sejak lahir, sebagai pemberian Tuhan karena martabatnya sebagai manusia.