Jangan Ajari Anak Menabung !

Menabung dengan cara ini juga tidak disarankan untuk jangka panjang karena potensi inflasi. Mulailah dengan membuka rekening tabungan khusus si anak yang baru lahir. [newline]Rutin setorkan sejumlah uang ke dalam tabungan tersebut setiap bulannya, langsung dari pendapatan mothers and dads sendiri. Dan ya, ketekunan saya dalam menabung bukanlah hal yang sia – sia. Meskipun awalnya tak ada tujuan melainkan hanya untuk menabung saja, uang tabungan yang selama ini saya kumpulkan di rekening tak ber ATM itu akhirnya saya cairkan untuk modal nikah. Dulu, saat pertama kali menyandang standing sebagai karyawan baru, saya selalu diingatkan oleh ayah untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Meski banyak pihak yang paham betul bahwa menabung itu hal yang sangat penting, ternyata masih banyak juga lho orang yang tidak menganggap menabung itu penting. Jika ya, segera simak 5 alasan mengapa kamu benar-benar harus menabung, supaya kamu menjadi lebih paham pentingnya menabung di masa kini. Jika ada uang lebih, tabunglah di dalam celengan yang sudah kamu persiapkan. Usahakan untuk menabung berapapun sisa dari pengeluaran per hari. Menabung harus menjadi sebuah kebiasaan jangka panjang sehingga kamu tak merasa berat untuk menyisihkan atau mengalokasikan pendapatan tiap minggu atau bulan.

Dan bila rekening dalam tabungan belanja rutin hampir menipis, jangan pernah tergoda untuk menarik dana dari rekening tabungan. Agar uang tabungan Anda aman terkendali tanpa takut terpakai untuk hal-hal lain, ada baiknya Anda membuka satu rekening khusus untuk uang tabungan Anda. Jadi Anda memiliki rekening bank untuk belanja rutin dan lainnya khusus untuk tabungan yang dananya tidak akan Anda tarik secara rutin hingga batas yang Anda tetapkan. Bukan hanya anak kecil saja, melainkan anak remaja hingga orang dewasa sering kali tergoda untuk menggunakan uang tabungan mereka ketika melihat benda atau barang yang mereka sukai. Untuk hal ini, Anda bisa meminta bantuan orang lain, seperti orang tua, kakak, nenek, kakek, atau lainnya supaya mau menyimpan tabungan milik Anda.

Selain menabung di financial institution, cara mengumpulkan uang berikutnya adalah di celengan. Menabung Rp 2.000 setiap hari, jika rutin selama 5 tahun, bisa mencapai Rp 3,6 juta. Cukup menyisihkan uang 20 persen hingga 50 persen dari uang bulanan pemberian orang tua. Namun, jangan juga terlalu memaksakan, jika tidak bisa seperti itu cukup perlu niatan dalam diri akan menyisihkan uang tersebut.

Misalnya biaya parkir yang nominalnya tidak besar, yakni Rp2.000–Rp5.000 saja. Namun, jika ditumpuk sampai seminggu, sebulan, bahkan setahun, tentu biaya parkir bisa membengkak dan menjadi sumber pengeluaran yang besar. Namun semoga informasi di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda dalam mewujudkan keinginan membeli rumah. Untuk mempermudah keinginan memiliki rumah, sebaiknya Anda menghindari berhutang dalam bentuk apapun, sehingga Anda akan terus fokus menabung dan tidak memikirkan tunggakan atau bunga. [newline]Anda pun harus memberikan pengawasan yang ketat pada tabungan untuk membeli rumah, agar bisa memenuhi target yang diinginkan atau bahkan melampauinya. Dalam kesempatan itu, digelar pula program lelang tabungan eBatarapos guna meningkatkan semangat masyarakat dalam menabung terutama di masa pandemi. Nah, untuk membantu kamu dalam memperkirakan perhitungan bunga tabungan, berikut contoh perhitungan tabungan.

Nilai yang bisa Anda sisihkan minimal 10%-20% dari whole penghasilan rutin. Tak dapat dipungkiri bahwa gaya hidup yang berlebihan rentan membuat seseorang jadi kesulitan menabung. Mulai sekarang, kamu harus lebih telaten memangkas pengeluaran yang tidak penting supaya bisa memiliki sisa uang untuk ditabung. Ketika baru mendapatkan pemasukan, utamakan kebutuhan rutin terlebih dahulu, misalnya kebutuhan rumah tangga, pembayaran tagihan , biaya sekolah anak, dan lainnya. Hindari pengeluaran tidak penting yang hanya bertujuan untuk kesenangan sesaat, seperti jajan berlebihan, nongkrong di kafe mahal, nonton di bioskop, atau membeli barang-barang mewah.

Menabung

Dengan program tabungan atau simpanan berjangka, kita secara tidak langsung akan “dipaksa” untuk menabung. Dengan fasilitas penarikan dana otomatis oleh perbankan, dana dari tabungan kita akan ditarik oleh financial institution lalu disimpan di rekening khusus setiap bulannya. Daripada uang hasil kamu “memecahkan celengan” langsung dipakai beli ini itu, lebih baik kamu simpan lagi ditempat yang lebih aman, yaitu di financial institution.

Pelajaran ini berguna bagi anak agar kelak dapat sejahtera secara finansial. Beri pengetahuan tentang perbedaan antara kebutuhan, keinginan, dan harapan, sehingga anak akan lebih bijak dan paham bagaimana dan untuk apa uang mereka seharusnya dipergunakan. Mereka mengabdikan sebagian besar waktu untuk mencari tahu, belajar, dan menemukan bagaimana mengelola uang, sehingga membuat uang yang bekerja untuk mereka. Selain itu, mereka terfokus pada pengembalian investasi bukan terpaku pada berapa banyak uang yang akan mereka hasilkan. Alhasil, dari pendapatan Anda setiap bulan, selalu ‘Besar Pasak daripada Tiang’.

Selain itu nasabah akan memperoleh keuntungan tabungan dari bank yang dihitung berdasarkan saldo tabungan. Untuk akses kemudahan layanan perbankan elektronik, tersedia 24 per hari antara lain seperti Anjungan Tunai Mandiri , SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, Phone Banking, dan Call Center. Makin terbatasnya pendapatan yang dimiliki karena disishkan untuk menabung kenyataannya dapat membuat Anda belajar hemat. Anda bisa membuat skala prioritas untuk mendahulukan biaya kebutuhan dan mengesampingkan dana yang mesti dikucurkan untuk keinginan.

Alhasil, uang yang tersisa itu terus saja digunakan untuk konsumsi. Deposit DANA merupakan cara bagi remaja untuk mulai belajar mengatur keuangan dengan baik. Demi masa depan yang sejahtera, ataukah Anda bermaksud meminang si dia atau bisa juga demi memiliki rumah sendiri. Jurus menabung ini tentu saja bukan untuk memuaskan hasrat konsumtif.