Dampak Virus Corona, Kerugian Ekonomi Indonesia Bisa Mencapai 127 Triliun

Sudah berapa berita tentang keluarga yang kesusahan bertahan hidup di tengah pendemi ? Kesulitan dalam hal pemenuhan kebutuhan hidup akibat tidak mempunyai penghasilan menjadi hal yang dihadapi masyarakat. Ditambah lagi dengan menumpuknya beban keluarga terhadap biaya yang harus terus berlanjut seperti cicilan kredit, tanggungan air, listrik, dan lain sebagainya. Pada tahapan ini para ekonom Muslim yang pada umumnya dididik dan dilatih di perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serika dan Eropa mulai mencoba mengembangkan aspek-aspek tertentu dari sistem moneter Islam.

Mengamati perekonomian negara

Selanjutnya manusia memasuki kancah individualisme yang ditandai dengan nafsu untuk menumpuk harta sebanyak-banyaknya yang ditimbulkan oleh persaingan yang bebas tadi. Kaum borjuis ini akhirnya menimbulkan sistem ekonomi, yang kita dengan dan berakar sebagai sistem ekonomi kapitalis. Memberikan insentif berupa keringanan pajak dan revaluasi aset perusahaan dan BUMN serta individu untuk membuat sistem ekonomi dan investasi yang lebih transparan dan efisien. Tujuan utama dari penerapan kebijakan ini adalah untuk menurunkan tingkat inflasi yang dialami oleh Negara. Beberapa cara yang dilakukan pemerintah dalam penerapan kebijakan ini adalah meningkatkan jumlah suku bunga financial institution.

Dalam dialog dengan pelaku industri kreatif, Presiden menyatakan keyakinannya tentang potensi besar industri kreatif. “Saya akan membuat keputusan politik agar di masa yang akan datang ekonomi kreatif bisa menjadi pilar perekonomian kita,” kata Presiden. Sistem pemungutan pajak yang berlaku di Indonesia saat ini untuk pajak penghasilan adalah sistem self assessment. Sistem ini memberi wewenang kepada wajib pajak untuk menghitung, memperhitungkan, membayar, dan melaporkan sendiri besarnya pajak yang terutang. Konsekuensi dijalankannya sistem self evaluation adalah bahwa masyarakat harus benar-benar memiliki kesadaran untuk membayar pajak dan mengetahui tata cara menghitung pajak dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelunasan pajaknya.

Islam juga melihat bahwa faktor-faktor di atas juga sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi. Tulisan ini mencoba memberikan gambaran mengenai prinsip Islam berkaitan dengan pembangunan. Prinsip – prinsip tersebut tergabung dalam konsep pembangunan ekonomi yang integral baik pertumbuhana ekonomi maupun pembangunan ekonomi . Konsep ini diharapkan tidak hanya mampu menjadi alternatif mannequin pembangunan negara-negara muslin muslim saja, namun juga mampu menjadi acuan umum pembangunan negara-negara dunia secara common. Banyak ekonom dan perencana pembangunan yang skeptis tentang pendekatan utuh ilmu ekonomi pembangunan kontemporer.

Virus covid-19 di Indonesia pertama kali ditemukan sekitar awal atau pertengahan Maret. Karena pada saat itu muncul isu-isu mengenai Covid-19 yang mulai meluas dari Wuhan ke Jepang, Korea dan Negara Singapura yang paling dekat dengan Indonesia. Sehingga penurunan ini menyebabkan IHSG kita mengalami penurunan sampai di bawah stage 4000. Sebelum adanya pandemi Covid-19, kondisi perekonomian global masih menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Dengan demikian kita tidak gampang menuduh faktor eksternal menjadi biang kegaduhan perekonomian dalam negeri hanya ketika kondisinya memburuk, namun juga siap mengakui bahwa faktor eksternal menjadi penolong perekonomian domestik ketika kondisi ekonomi membaik. Ditambah lagi virus ini belum memiliki obat pencegahan ataupun vaksin yang bisa diproduksi dalam manangani Covid-19. Maka perlu menjadi pertimbangan pemerintah ketika memberikan kelonggaran aktivitas, menuju kehidupan new regular secara bertahap dan berangsur-angsur yang tersusun sistematis dengan baik, mungkin bisa menekan laju penyebaran virus dan dapat berdamai dengan corona. Kelima, pemerintah harus memberikan pinjaman kredit dengan bunga rendah bagi pelaku usaha serta pemerintah harus memberikan keringanan pajak untuk jalur ekspor-impor. Ditambah lagi dengan kesadaran pemerintah untuk memberikan potongan kredit listrik, air, dan kendaraan yang digunakan sebagai penggerak roda ekonomi yang sudah lama dicicil, jangan sampai kendaraan mereka akan hilang ditarik penagih biaya kreditan. Ekonomi kian meredup, dan potensi pendapatan rumah tangga mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Semakin meningkatnya transaksi secara online membawa dampak yang positif bagi perekonomian negara Indonesia. Hal ini dinyatakan oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo bahwa peningkatan teknologi digital dalam kegiatan ekonomi mampu mendorong pertumbuhan di atas pertumbuhan ekonomi nasional melalui pajak. Ibnu Khaldun telah memberikan definisi ekonomi yang lebih luas dengan menyatakan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang positif maupun normatif. Maksudnya mempelajari ekonomi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan bukan kesejahteraan individu saja. Ibnu Khaldun juga menyatakan adanya hubungan timbal balik antara faktor-faktor ekonomi, politik, sosial, etika, dan pendidikan. Dia memperkenalkan sejumlah gagasan ekonomi yang mendasar seperti pentingnya pembagian kerja, pengakuan terhadap sumbangan kerja dalam teori nilai, teori mengenai pertumbuhan penduduk, pembentukan modal, lintas perdagangan, sistem harga dan sebagainya.