5 Pengeluaran Uang Yang Lebih Baik Dibanding Menabung

Meskipun uang mungkin memang bukan prioritas terbesar dalam hidup. Hanya saja, untuk menjalani hidup yang nyaman tentu membutuhkan banyak uang. “Kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai literasi keuangan Deposit Emoney merupakan kesempatan bagi anak-anak muda untuk keluar dari lingkaran kemiskinan” tutup Didiek Eko Yuana. Pendidikan menjadi pondasi yang harus senantiasa dilaksanakan dari semua lapisan masyarakat.

Contohnya program Mulia Tunai dari Pegadaian yang menawarkan pembelian emas batangan bersertifikat resmi. Emas yang ditawarkan mulai dari yang paling kecil 1 gr sampai 1 kg. Reksa dana juga salah satu instrumen investasi yang terbaik untuk tabungan masa depan kamu. Untuk memulainya tak perlu modal besar, hanya Rp 100 ribu kamu sudah bisa menjadi seorang investor. Reksa dana sangat cocok buat para investor pemula yang belum paham menghitung sendiri risiko dari investasinya. Suku bunga deposito memiliki tingkat suku bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa, sekitar 5% sampai 8%.

Beberapa produk investasi sebenarnya juga memiliki fleksibilitas serupa. Hanya saja, banyak juga produk investasi yang memakai keterikatan. Artinya, Anda diharuskan menaruh dana sedemikian rupa untuk jangka waktu tertentu. Pengambilannya pun harus disesuaikan dengan kesepakatan yang telah ditetapkan. Contoh dari produk investasi yang kadar fleksibilitasnya kurang, antara lain deposito, obligasi, dan asuransi.

Ketika dana investasi kamu menghasilkan bunga, bunga itulah yang menjadi keuntungan kamu. Beda halnya dengan menabung, dimana uang kamu hanya akan diam di bank dan tidak menambah nilai. Menabung di financial institution memiliki resiko yang rendah dengan keuntungan yang rendah juga. Jika tujuan kamu menabung adalah mengharapkan perkembangan nilai uang yang lebih besar, kamu harus mempertimbangkan untuk melakukan investasi. Salah satu manfaat berinvestasi adalah kamu belajar untuk memiliki prioritas dalam hal keuangan.

Menyediakan dana darurat sebesar 6 kali pengeluaran bulanan tentu bisa menjadi opsi yang baik. Oleh karena itu, menyediakan dana darurat yang setara dengan 3 kali pengeluaran bulanan pun masih diperkenankan. Itulah beberapa cara mengatur finansial seorang freelancer yang pemasukannya tidak tentu nominalnya.

Dengan fasilitas autodebit, kamu akan terhindar dari resiko lupa menabung di tanggal yang sudah kamu tentukan. Dengan mengetahui kapan kamu ingin mendapatkan keuntungan, kamu akan tahu berapa dana yang harus dikeluarkan dan jenis produk investasi yang harus kamu ambil. Dana yang kamu investasikan akan menghasilkan uang tambahan dari bunga yang dihasilkan. Dari tambahan pemasukkan tersebut, kamu bisa “menikmati” hidup melakukan hal yang kamu inginkan, misalnya touring, melanjutkan pendidikan atau modal membangun bisnis. Menyisihkan sebagian total pendapatan kamu semisal 20% saja untuk diinvestasikan sudah bisa membantu kamu untuk berhemat. Mencegah kamu membeli sesuatu secara impulsive dan tentunya dana investasi ini harus mulai dibiasakan.

Menabung untuk masa depan yang lebnih baik

Untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut, tentu membutuhkan dana yang harus dipersiapkan sejak dini. Kamu bisa mempersiapkan dana tersebut dengan menabung sedikit demi sedikit melalui berbagai instrumen. Sebab, diversifikasi portofolio sangat penting untuk menjaga finansial kamu. Cobalah untuk menabung ke instrumen keuangan yang sesuai dengan mimpi yang kamu tentukan.

Bila kamu sudah tidak sabar untuk mengikuti beberapa tips menabung untuk anak muda usia 20-an yang pastinya efektif, coba ikuti dan praktikkan sekarang juga. Tapi sebenarnya, ada suggestions menabung untuk anak muda usia 20-an yang bisa kamu terapkan. Apabila anda sudah menyiapkan tabungan untuk dana darurat maka anda bisa mulai pelan-pelan masuk ke dunia investasi agar uang yang anda miliki bisa terus berkembang. Apabila anda ingin mulai menabung, sebaiknya anda memisahkan rekening tabungan dengan rekening yang akan anda gunakan kebutuhan sehari-hari. Hal ini untuk mencegah uang tabungan anda terpakai karena tercampur dengan uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jika saat ini kamu masih kuliah, sela sela kuliah bisa kamu manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan.